Header Ads

Breaking News
recent

8 Cara Memilih Warna Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Tips Memilih Warna Cat Dinding Rumah - Warna yang dipilih untuk mengecat dinding dapat menghasilkan efek tertentu pada sebuah rumah. Rumah adalah tempat dimana pemiliknya tinggal dan merasa nyaman disana. Pemilik rumah yang tak mau repot memikirkan warna akan memilih cara aman dengan memilih warna putih di segala sisi rumahnya, padahal hal ini akan menimbulkan kesan klinis dan membuat harga rumah lebih murah dibandingkan dengan rumah yang menggunakan warna tertentu.

Banyak dari kita yang masih takut memilih warna untuk dinding rumah dan kesulitan ketika harus menentukan warna apa yang tepat untuk digunakan. Berikut ini 8 cara mudah yang dapat membantumu memilih warna dengan tepat :

Partisi Kayu Warna Hitam Sebagai Aksen Dinding Yang Putih | Gbr : rekapersada

Layering

Bagaimana memilih warna yang tepat? Rahasianya adalah dengan cara layering (teknik berlapis). Mulailah dengan warna netral pada lapisan pertama, kemudian lanjutkan ke layer kedua dengan warna yang lebih tegas melalui aksesoris ataupun hiasan dinding. Maksudnya, bukan layering dalam artian menumpuk beberapa warna cat, namun layer warna dengan hiasan pada dinding. Warna dinding kamu gunakan sebagai latar belakang saja, namun pastikan untuk memakai warna natural seperti abu-abu, coklat karamel, dan sebagainya. Lalu tinggal tambahkan warna aksen atau gunakan hiasan dinding.

Seperti contoh pada gambar diatas yang secara keseluruhan dinding eksteriornya menggunakan warna putih, namun untuk membuat rumah tersebut terlihat lebih estetik, partisi kayu dicat dengan warna hitam sebagai aksen agar rumah tersebut tak terlihat membosankan dan lebih indah.

Lukisan Colorful Lebih Standout Pada Dinding Warna Hitam | Gbr : aliexpress

Warna Gelap

Jangan takut menggunakan warna gelap. Terdapat kesalahpahaman bahwa menggunakan cat warna gelap akan membuat sebuah ruangan terasa sempit, padahal sebaliknya. Triknya adalah pilihlah warna seperti hitam pekat, artinya hitam yang benar-benar gelap justru akan membuat lukisan yang kamu gantung disana lebih standout.

Mengetes Warna Cat Pada Dinding | Gbr : beritagar.id

Lakukan Tes

Untuk memudahkanmu memilih warna yang tepat, coba ambil katalog cat di toko cat, kemudian pilih warna dari sana. Setelah itu belilah cat dalam jumlah kecil dengan beberapa warna yang telah kamu pilih, lalu coba cat ke papan atau kertas yang bisa dipindah-pindah, dan tes dengan kondisi pencahayaan yang berbeda-beda dengan cara menempelkan papan/kertas tersebut di dinding.

Tentukan Dulu Fungsi Ruangan

Sebelum mulai memikirkan tentang warna apa yang cocok, sebaiknya tentukan dulu ruangan tersebut akan digunakan untuk apa. Karena, suasana dapur tentu akan berbeda dengan kamar tidur. Warna dinding dapur seharusnya pilih yang memberikan kesan segar dan bersemangat, untuk itu paling cocok menggunakan warna cerah. Kamar tidur, seharusnya pilih warna yang nyaman dan menenangkan, sebaiknya pilih warna yang lembut atau malah gunakan warna gelap saja.

Tren Mengecat Dinding Dengan Warna Hijau di Segala Sisi Tidak Timeless | Gbr : pinterest

Hindari Tren

Sebaiknya jangan pilih warna berdasarkan tren yang sedang ada. Mengapa? Karena bila trennya berakhir, warna tersebut akan terasa ketinggalan jaman. Meskipun pada sosial media terdapat banyak inspirasi warna yang bisa kamu terapkan, namun warna-warna tersebut terlalu mengikuti tren, untuk itu berhati-hatilah ketika mengambil inspirasi dari internet. Misalnya menggunakan warna hijau disegala sisi, yang sedang tren saat ini. Meskipun menerapkannya di rumah sangatlah mudah, namun setelah tren ini berakhir warna ini akan terasa aneh digunakan, padahal kegiatan mengecat dinding bukanlah kegiatan yang sering dilakukan. Namun, bila masih ingin menggunakannya, sebaiknya warna yang tren kamu gunakan pada aksesoris dinding saja, dan pada hal-hal yang mudah digantikan lalu memilih warna dinding yang tak terbatas oleh waktu (timeless).

Kerjakan Dengan Apa yang Dimiliki

Mengetahui warna apa yang kamu inginkan untuk dicat di ruanganmu memang merupakan tahap awal yang harus kamu lakukan, namun untuk memilihnya sebaiknya lihat dulu apa yang ada di rumahmu. Kami berikan contoh bila kamu ingin mengecat ruang tamu, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek warna lantai dan tirai atau benda apapun yang sekiranya permanen disana. Maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih warna dinding yang sesuai dengan benda-benda tersebut karena untuk menjaga keseimbangan dalam satu ruangan tersebut.

Gunakan Karya Seni Sebagai Inspirasi

Jika kegiatan pengecatan ini kamu lakukan mulai dari awal, semenjak kamu belum memiliki perabotan rumah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih perabotan/furniture terlebih dahulu seperti sofa, gorden/tirai, maupun lantai. Jika kamu membutuhkan sumber inspirasi, langkah paling tepat adalah menggunakan karya seni atau lukisan apa yang sekiranya akan kamu gantung di dinding, lalu warna cat dindingnya tinggal disesuaikan.

Sesuaikan Dengan Sekitar

Salah satu kesalahan terbesar yang banyak dilakukan ketika mengecat rumah adalah tidak memperhatikan ruang disekitarnya dan tidak mempertimbangkan fungsi ruang secara keseluruhan. Warna rumahmu, khususnya yang berada di satu lantai harus berpadu dan saling melengkapi satu sama lain.

Cari jasa bangun rumah ataupun renovasi dari kontraktor jogja ? Telp/SMS/WA : 081 328 800 516
Terima kasih telah membaca 8 Cara Memilih Warna Yang Tepat Untuk Rumah Anda.

No comments:

Powered by Blogger.