Header Ads

Breaking News
recent

Ruang Tamu Tak Berbentuk Kotak Seperti Kebanyakan? Siasati Dengan Cara Ini!

Kontraktor Arsitek Jogja - Ruangan rumah identik dengan warna kotak-kotak yang simetris. Namun pada kenyataannya, tak semuanya demikian, banyak juga rumah yang tak simetris bentuknya, diakibatkan oleh ketersediaan lahan yang dimikili memang seperti itu. Hal tersebut sebenarnya tak akan menjadi masalah bila kita dapat melakukan penataan dengan baik dengan cara memfokuskan visual ruangan pada furnitur-furnitur nya. Berikut ini beberapa trik untuk menyiasati bentuk ruang (ruang tamu) yang tak miliki bentuk persegi seperti kebanyakan :

Ruang Tamu Berukuran Kecil
Bantal Kursi Sebagai Aksen Ruangan

1.  Fokuskan ruangan aksen warna di bagian tertentu

Fokuskan pada bagian sudut ruangan yang berbentuk aneh (misalkan lancip, lengkung, dsb) dengan warna berbeda untuk akses unik pada ruangan tersebut. Dalam contoh diatas, ruang tamu diisi dengan kursi sofa berbentuk L beserta dengan bantal kursinya, namun di bagian pojok ruangan dipilih bantal berwarna berbeda dengan yang lain untuk menimbulkan kesan "khas"nya.

2. Berikan jalan yang bersih dari perkakas


Ruang Tamu Dekat Dapur
Ruang tamu sempit seperti ini memiliki akses jalan menuju dapur. Daripada memberikan banyak pernak-pernik diantara jalan tersebut, membuat jalan lapang yang bersih akan lebih mengesankan. Jika ingin menambahkan meja ataupun kursi makan misalnya, pilih yang berdesain compact, minimalis dan multifungsi agar tak terlalu banyak menghabiskan space ruangan.

Ruangan Tipe Minimalis Berdesain Industrial
Kursi Minimalis Tuk Ruangan Mini
3. Pilih kursi yang tepat

Jika kalian memiliki ruangan yang kurang lebihnya seperti gambar tersebut, dengan tangga dan railing yang tak senada dengan warna ruangan di sebelahnya, Untuk mengatasinya kita dapat memilih kursi yang bukan sofa tebal karena ruangan akan terasa penuh, Pilihan kursi dengan kaki yang kecil (kurus) akan lebih baik seperti pada yang terlihat di gambar.


4. Natural style untuk ruangan berdinding kaca
Ruang Tamu Dengan Rak Buku dan Jendela Kaca
Ruang Tamu Dengan Kaca & Rak Buku

Jika memiliki ruang tamu dengan dinding kaca dan banyak cahaya yang bisa masuk, ini merupakan salah satu poin plus. Kalian tak perlu pusing memikirkan kursi apa yang cocok. Pilihlah kursi sofa memenuhi pinggiran dinding dengan warna natural yang merefleksikan alam akan lebih cocok misalnya coklat muda atau hijau alami. Tambahan warna-warni buku pada rak melayang di dinding juga dapat menambah keindahan ruang tamu kita.

5. Buat furniture built in

Atap miring mungkin bisa merepotkan untuk mengakalinya, namun sebenarnya hal ini merupakan area yang paling cocok untuk rak buku. Untuk meminimalisir penggunaan space yang terlalu banyak sebaiknya buat rak buku built in (yang menyatu dengan dinding) yang dibuat pas dengan luas ruangan

Ruang Tamu Balance Dengan Sudut Dan Furnitur Bulat
Furnitur Bulat Untuk Dinding Bersiku
6. Tambahkan furniture berliku

Bila ruang tamu terkesan memiliki banyak siku tajam, misal dinding, dsb. Tambahkan beberapa sentuhan lengkung (liku) di ruangan tersebut dapat menyeimbangkan tampilan ruang tamu kalian. Misalnya dengan menambahkan meja bundar, kaca bundar, kap lampu cekung, dan sebagainya

Ruang Tamu Warna Senada Desain Minimalis
Ruang Tamu Minimalis
7. Pilih warna senada


Ruangan mini sebaiknya tak memiliki banyak warna didalamnya karena akan membuat ruangan terasa penuh. Untuk itu sebaiknya kita memilih semua furniture dan pernak-pernik yang simple dan senada warnanya agar efektif membuat ruangan terlihat lebih luas. Misalnya pilih warna dinding putih, maupun warna-warna lain yang pastel dan natural.






Sumber : domain.co.au
Gbr : domain.co.au & houzz.com & pinterest.com

Ingin bangun rumah, gedung dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Arsitek Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

arsitek jogja, kontraktor di jogja, kontraktor bangunan, jasa bangun rumah, jasa arsitek rumah, jasa gambar rumah, kontraktor rumah, jasa renovasi rumah, rumah di yogyakarta, kontraktor rumah mewah, jasa pembangunan rumah, jasa kontraktor, jasa bangun rumah murah, jasa desain rumah mewah, jasa bangunan rumah, jasa bangun rumah jogja, jasa desain rumah online, jasa desain rumah di jogja, jasa bangunan rumah, jasa desain rumah online, rumah jogja murah, konsultasi bangun rumah, jasa renovasi rumah murah, jasa kontraktor rumah murah, renovasi rumah jogja, rumah murah di jogjakarta, kontraktor jogja

No comments:

Powered by Blogger.