Header Ads

Breaking News
recent

Ingin Buat Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai? Hati - hati!

Pemborong di Jogja - Merenovasi rumah yang awalnya rumah 1 lantai menjadi 2 lantai akhir-akhir ini sepertinya sedang marak dilakukan di Indonesia. Pertambahan jumlah keluarga misalnya, bisa menjadi salah satu sebab hal ini banyak terjadi. Hal ini dilakukan lantaran harga tanah kosong yang kian mahal dan membuat banyak orang lebih memilih untuk menambah kamar untuk anak-anak mereka yang kian dewasa dalam satu bangunan yang sama. Terkadang, tanpa memperhatikan dampak yang dapat terjadi, banyak orang yang tak mempertimbangkan hal ini secara berhati-hati dan matang. Berikut ini hal yang sebaiknya Anda lakukan bila Anda salah satu dari mereka yang ingin merenovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai :

Pertimbangkan dampak keseluruhan rumah

Desain dan fungsi penambahan lantai 2 tentu akan berdampak khusus pada keseluruhan rumah, mulai dari teknis dan struktur rumah itu sendiri. Pemilihan desain yang bagus dan tepat akan membuat rumah tersebut memang terlihat memiliki 2 lantai dari awalnya, bukan tambahan, jadi sebaiknya pikirkan matang-matang rumah tersebut baik secara tampilan dan juga fungsionalitasnya.

Struktur rumah

Penambahan lantai atas dengan penambahan ruangan akan membawa beban lebih berat dibandingkan sistem rumahmu pada awalnya, jadi percayakan pada ahlinya dalam hal perhitungan struktur untuk keamanan lantai bangunan atas, dinding, pondasi, dan lain-lain. Rumah yang akan dibuat menjadi 2 lantai tersebut harus memiliki struktur yang kuat untuk mencegah robohnya bangunan saat gempa yang mungkin saja terjadi.

Tangga rumah

Untuk menuju bangunan di lantai 2 tentu membutuhkan tangga. Tangga ini tentu akan mengambil space khusus di rumah lantai 1 Anda, yang dapat menyebabkan semakin sempitnya area lantai 1 rumah Anda. Pastikan menyewa jasa arsitek berpengalaman untuk menentukan tempat dan ukuran tangga rumah Anda ini.

Settingan pipa air, water heater, kabel aliran listrik yang telah Anda pasang sebelumnya tentu akan mengalami perubahan bila rumah Anda menjadi 2 lantai. Pastikan Anda menyetting ulang kesemua hal tersebut. Untuk kebutuhan listrik juga harus Anda perhatikan. Apakah tetap menggunakan daya yang lama atau perlu penambahan daya oleh PLN.

Sesuaikan jendela & pintu

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, desain rumah setelah dibuat lantai 2 perlu juga diperhatikan, misalnya pada peletakan jendela dan pintu. Haruskah membongkar, atau sekedar menggantinya? Tentukan ini dari awal, jangan sampai Anda baru terpikirkan saat proses renovasi sedang berlangsung, hal ini tentu akan membuat pekerjaan renovasi mundur dari waktu yang seharusnya.

Atap

Hal yang tentu harus dilakukan ketika membuat rumah 1 menjadi 2 lantai adalah membongkar atap. Setelah membongkar atap dan mulai melakukan proses pembangunan lantai 2, pastikan untuk mempersiapkan penutup atap bila hujan kapanpun turun.

Regulasi

Sebelum membuat rumah lebih tinggi, perhatikan juga aturan yang berlaku di sekitar rumah Anda. Bisa saja area rumah Anda tidak diperbolehkan membangun rumah bertingkat untuk alasan keamanan lingkungan dan sebagainya. Perhatikan juga apakah Anda perlu membuat IMB lagi atau tidak.

Percayakan pada ahlinya

Hal yang terpenting sebenarnya adalah di poin terakhir ini yakni menyerahkannya pada ahlinya misalnya pada jasa kontraktor berpengalaman. Jasa kontraktor Jogja akan mempertimbangkan apapun sebelum dilakukan renovasi pada rumah Anda, mulai dari struktur dan sebagainya agar rumah tetap aman untuk dihuni bagi Anda sekeluarga

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Barangkali ada hal lain kami lewatkan? Tuliskan di kolom komentar ya..

Sumber : realestate.com.au dan houzz.com

Ingin bangun rumah, gedung dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Arsitek Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

arsitek jogja, kontraktor di jogja, kontraktor bangunan, jasa bangun rumah, jasa arsitek rumah, jasa gambar rumah, kontraktor rumah, jasa renovasi rumah, rumah di yogyakarta, kontraktor rumah mewah, jasa pembangunan rumah, jasa kontraktor, jasa bangun rumah murah, jasa desain rumah mewah, jasa bangunan rumah, jasa bangun rumah jogja, jasa desain rumah online, jasa desain rumah di jogja, jasa bangunan rumah, jasa desain rumah online, rumah jogja murah, konsultasi bangun rumah, jasa renovasi rumah murah, jasa kontraktor rumah murah, renovasi rumah jogja, rumah murah di jogjakarta, kontraktor jogja

No comments:

Powered by Blogger.