Header Ads

Breaking News
recent

Tips Menerapkan Warna Gelap di Ruang Sempit

Tips Warna Gelap di Ruang Sempit - Mendesain ruangan yang berukuran kecil bisa menjadi satu tantangan tersendiri. Kebanyakan orang menggunakan warna-warna cerah dengan harapan akan membuat ruangan sempit terlihat lebih luas. Namun, warna-warna cerah ternyata bukan satu-satunya cara untuk mendekorasi ruangan sempit dan tak ada jaminan juga bila menggunakan warna cerah dapat mengesankan ruangan lebih lebar. Jika Anda lebih menyukai warna gelap, jangan takut untuk menggunakannya bahkan di ruangan terkecil rumah Anda. Dengan beberapa tips praktis dibawah ini, ruangan kecil Anda terlihat tetap menarik dengan warna-warna gelap :

Powder Room

Powder Room adalah toilet khusus yang digunakan untuk tempat untuk membenahi diri, sekedar mencuci tangan atau membenahi makeup wanita agar tampil cantik kembali. Jika dirumah, biasanya powder room adalah kamar mandi khusus untuk tamu yang tak tersedia shower dan bathub untuk mandi atau bisa juga disebut kamar mandi kering.

Powder Room biasanya berukuran kecil, namun terkadang diisi berbagai macam dekorasi. Karena kamar mandi ini jarang dipergunakan, biasanya diberikan berbagai warna dan aksesoris tambahan. Namun biasanya, warna cerah apapun tetap tak dapat menyembunyikan bahwa ruangan tersebut memang terasa sempit, jadi apapun warna yang Anda gunakan tak terlalu berefek signifikan. Oleh karena itu, menggunakan warna gelap pun tak masalah.

Warna Gelap di Kusen Pintu & Sebagian Dinding Hanya Untuk Aksen | Gbr : freshome

Beri Aksen Pada Serambi Rumah

Gunakan warna gelap untuk menyambut tamu di serambi kecil rumah Anda. Serambi rumah akan "membawa" tamu ke ruangan lain di rumah Anda, misalnya ke ruang tamu oleh karena itu, ruang yang berdekatan akan menyeimbangkan warna gelap ini. Namun bila Anda tak cukup siap untuk menggunakan warna gelap seperti hitam pekat di teras, cukup berikan warna gelap sebagai aksen dinding atau pada plafon saja.
Dinding Gelap dengan Kursi Terang di Ruang Makan | Gbr : pinterest

Ruang Makan

Mungkin Anda salah satu orang yang memiliki ruang makan, namun jarang menggunakannya karena kesibukan dan kadang memilih makan di depan tv saja. Untuk itu, ruangan ini pun bisa diterapkan untuk penggunaan warna gelap misalnya pada dinding kemudian diberikan aksen warna cerah netral pada penggunaan kursinya, lalu diberikan pencahayaan dan aksesoris modern agar tak terlihat jadul.

Kamar Tidur dengan Dinding Gelap & Selimut Cerah | Gbr : shutterfly

Kamar Tidur

Ada berbagai cara dalam menggunakan warna gelap kedalam kamar tidur berukuran sempit. Selain dinding, kasur dan selimut mungkin adalah benda yang paling besar di kamar Anda. Jika Anda suka dengan warna gelap di dinding namun takut suasana kamar terasa terlalu gelap, pilih saja warna-warna cerah netral untuk selimut, kasur, kusen jendela, gorden dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar kamar masih terlihat nyaman dan tak terlihat seolah-olah seperti di dalam gua.

Ruang Tamu nan Cozy Dengan Warna Gelap | Gbr : pinterest

Ruang Tamu

Siapapun tentu suka melihat ruang tamu yang cozy (nyaman, hangat, relaks), jadi jangan ragu untuk mendekorasi ruang ini dengan warna-warna gelap bila Anda memang menyukainya. Ada cara untuk menyeimbangkan warna gelap dan terang di ruang yang paling sering digunakan ini. Misalnya, mengecat plafon dengan warna putih dan menggunakan warna terang lagi pada aksesoris, hiasan dinding dan semacamnya. Pencahayaan yang tepat juga mempengaruhi seberapa cozy ruang tamu Anda tersebut meski dindingnya menggunakan warna gelap.

Memiliki ruangan sempit memang tricky, oleh karena itu meski menggunakan warna gelap, Anda tetap dapat mengesankan ruangan tersebut terlihat lebih lebar bila tepat mempadu-padankannya. Ruang mana yang akan Anda ubah? Tulis di kolom komentar ya..

Artikel : freshome.com

Ingin bangun rumah, gedung dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Arsitek Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com



No comments:

Powered by Blogger.