Header Ads

Breaking News
recent

7 Hal Yang Harus Dihindari Sebelum Menjual Rumah

Bagi kamu yang berencana ingin menjual rumah, cepat laku dengan harga jual rumah maksimal tentu menjadi keinginanmu. Untuk menjualnya, tentu yang harus kamu lakukan adalah membersihkan dan merapikannya sebelum dipublish kepada para calon pembeli. Salah satu cara memaksimalkan harganya, biasanya akan dilakukan perbaikan di beberapa sisi yang mengurangi "penilaian" dan sedikit renovasi untuk meningkatkan nilai jual. Namun ada beberapa hal yang tidak worth it pada sisi waktu dan biaya, apa saja? Simak beberapa poin dibawah ini :

1. Mengubah Lantai, dan Hiasan Dinding

Sangat jarang pembeli yang dapat membedakan antara lantai marmer dengan lantai engineered stone (campuran batu marmer & batu quartz). Untuk itu, calon pembeli tentu tak akan mempedulikan hanya karena kamu menggunakan lantai mahal atau biasa. Melakukan upgrade pada keramik dinding dapur atau di kamar mandi mungkin akan cukup menambahkan "nilai" rumahmu, namun sebaiknya jangan berlebihan karena terkadang hal ini juga tak akan berpengaruh banyak. Terlebih sekedar untuk hiasan dinding, sebaiknya kamu tak perlu membeli hiasan mewah hanya untuk membuat calon pembeli terkesan, karena hal ini tak cukup berpengaruh pada peningkatan nilai jual rumahmu.

2. Perawatan Mahal Untuk Taman & Kolam Renang

Jika kita melihat acara rumah di tv, hal yang kadang membuat takjub adalah tampilan outdoor yang menarik. Namun, untuk mendapatkan pagar tanaman, taman bunga atau kebun buah dan kolam renang yang bersih tentu memerlukan perawatan ekstra yang butuh waktu, tenaga dan biaya yang tak sedikit. Untuk itu, buatlah taman di halaman rumahmu sesimpel mungkin karena tak banyak orang yang bersedia intens merawat taman.

Built-in Kabinet Kustom di Ruang Tamu | Gbr : pinterest

3. Kabinet Khusus

Dalam beberapa tahun terakhir ini memang sedang trend kabinet kustom built-in yaitu kabinet atau tempat penyimpanan yang didesain memang khusus untuk tujuan tertentu misalnya lemari pakaian, rak sepatu, dan sebagainya yang menjadi satu/menempel dengan item lain di dalam rumah (built-in) misalnya menempel di dinding, dsb. Namun, tak semua orang suka akan hal ini. Mungkin saja pembeli rumahmu nanti akan mengganti barang-barangmu dan menggantinya dengan furniture mereka sendiri.

4. Renovasi Sebagian

Jika ingin renovasi rumah sebelum menjualnya, lakukanlah dengan benar misalnya saat kamu merenovasi kamar mandi, jangan biarkan cat plafon yang kotor dibiarkan begitu saja, atau membiarkan keran air rusak, atau bahkan membiarkan lampu mati. Lakukanlah dengan benar denga perbaiki juga hal-hal sekitar/pendukung kamar mandi tersebut.

5. Mengubah Rumah Tua Lebih Modern

Meskipun sah-sah saja mengubah rumah tua agar terlihat lebih modern untuk sementara waktu, namun sebaiknya hal ini dilakkan oleh pemilik rumah baru.

6. Perbaikan Yang Tak Kentara

Sistem pendingin maupun pemanas yang baru, pemasangan sound system, kabinet baru adalah contoh hal-hal yang tak kentara bila dilakukan perbaikan, untuk itu sebaiknya hindari hal ini agar tak sia-sia.

7. Merenovasi Sendiri

Mungkin memang kamu adalah orang yang memiliki keterampilan tangan yang baik, namun untuk hal tertentu sebaiknya serahkan pada ahlinya karena terkadang hal-hal tertentu bila dilakukan sendiri, hasilnya tak akan maksimal dan biayanya juga tidak efisien.


Cari jasa bangun rumah ataupun renovasi dari kontraktor jogja ? Telp/SMS/WA : 081 328 800 516
Terima kasih telah membaca 7 Hal Yang Harus Dihindari Sebelum Menjual Rumah Agar Tak Menghabiskan Uang. 

No comments:

Powered by Blogger.