Header Ads

Breaking News
recent

6 FAQ Terkait Membangun Rumah di Jogja

Kontraktor Jogja - Sepertinya masih banyak orang yang takut untuk membangun rumah baru. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pertanyaan yang masih belum mereka temukan jawabannya. Berikut ini kami bantu menjawab terkait beberapa pertanyaan yang mungkin kamu pikirkan tentang persoalan membangun rumah :

Membangun Rumah
Rumah 2 Lantai Oleh Reka Persada

1. Apakah membangun rumah lebih mahal dibandingkan membeli rumah?

Saat ini banyak developer properti yang menyediakan perumahan, namun dari banyaknya yang ditawarkan, yang sesuai dengan budget para calon pembeli rumah tidaklah banyak. Jika menemukannya pun pasti berebut dengan orang lain. Oleh karena itu, semakin banyaklah orang yang memilih untuk membangun rumah baru.

Beberapa dari orang yang memilih untuk membangun rumah baru ini menemukan bahwa sesungguhnya membangun rumah baru, dari sisi biaya lebih efektif dibandingkan dengan membeli rumah yang sudah jadi. Mengapa? Membeli rumah yang sudah jadi, biasanya membutuhkan biaya tambahan untuk perbaikan kerusakan atau update yang tidak sesuai dengan keinginan. Berbeda dengan membangun rumah yang sedari awal memang sudah didesain sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan sesuai kemampuan.


kontraktor jogja
Proses Merenovasi Rumah Oleh Reka Persada

2. Berapa lama prosesnya?

Terdapat kesalah pahaman terkait lama pembangunan rumah baru. Biasanya lama pembangunan rumah memang hanya beberapa bulan saja, namun kenyataannya waktu pembangunan bisa melebihi dari yang dijadwalkan karena berbagai hal misalnya cuaca, persediaan material, dan sebagainya yang bisa juga disebabkan konsumennya sendiri.

Sebagai gambaran, mulai dari gambar desain rumah secara detail yang terkadang butuh waktu 2 minggu hingga beberapa bulan tergantung dengan kesepakatanmu dan keluarga disesuaikan dengan proses gambar dari arsiteknya. Setelah gambar cocok, kemudian dibuatlah gambar 3D & RAB (Rencana Anggaran Biaya) yang masing-masing membutuhkan waktu minimal 2 minggu. Hal ini terkait dengan penyesuaian desain rumah, jasa pembangunan dan dana yang kamu siapkan untuk membangun rumah tersebut.

Setelah semua ini selesai, lokasi pembangunan juga harus dipersiapkan, beserta perijinan dari masyarakat setempat. Setelah semua siap barulah proses pembangunan dimulai. Untuk perkiraan dari awal perencanaan gambar, rumah bisa selesai minimal 4 atau 6 bulan.

3. Bagaimana cara mencari lahan rumah?

Jika kamu sudah memiliki sebidang tanah untuk dibangun, proses pertama tentu sudah kamu lalui. Karena, mencari tanah untuk dibangun rumah bukanlah proses yang sebentar, ditambah dengan harga tanah yang kian lama semakin tinggi. Lalu, bagaimana caranya menemukan lahan yang tepat? Jika kamu tak memiliki pengalaman, sebaiknya gunakan saja jasa agen properti. Mereka tentu sudah memiliki list terkait lahan mana yang dijual beserta harga yang ditawarkan, karena terkadang penjual tanah tidak mem-publish secara gamblang bahwa tanah mereka dijual, mereka lebih memilih untuk "menitipkannya" pada jasa agen properti tertentu.

4. Bagaimana mencari denah lantai yang tepat?

Semuanya tergantung pada keinginan kamu. Jika kamu ingin cara yang lebih cepat, tinggal cari saja di internet atau di majalah seperti apa denah lantai untuk luasan tanahmu (sesuaikan dengan lahan yang kamu miliki). Namun, jika kamu ingin denah yang sesuai dengan impianmu, gunakan jasa arsitek. Sampaikan keinginanmu dan kebutuhanmu seperti akan berisi berapa kamar tidur, luasannya dan sebagainya. Dengan menyerahkan gambar denah kepada arsitek, kamu akan diberikan gambar yang sesuai dengan impianmu.

5. Bagaimana dengan biayanya?

Tergantung dengan cara yang kamu pilih. Jika kamu memilih menggunakan jasa kontraktor jogja, biasanya mereka akan melakukan proses dari awal seperti menggambar denah, 3D, RAB hingga proses pembangunan hingga rumah siap kamu huni. Nah, di bagian RAB inilah terjadinya negosiasi biaya pembangunan rumah. Berbeda jika kamu menggunakan jasa developer rumah (perumahan), biasanya mereka sudah memiliki tanah, kemudian bangunan akan dibuat oleh mereka, ketika telah terjadi kesepakatan, kemudian kamu tinggal memilih biaya yang mereka tawarkan misalnya KPR dengan bank yang bekerjasama dengan mereka dan sebagainya.

Pemborong di Jogja
Desain Rumah 2 Lantai Oleh Reka Persada

6. Apakah rumah bertingkat lebih mahal?

Rumah dengan 2 lantai atau lebih biasanya lebih efektif dari segi biaya pembangunannya, karena pembuatan pondasi dan struktur hanya sekali tetapi jumlah ruang bisa lebih banyak. Namun, meski hanya sekali, kekuatan pondasi dan strukturnya tentu harus lebih kuat dan berbeda dengan rumah yang hanya untuk 1 lantai saja.

Bagaimana? Setelah membaca informasi diatas, masihkah ada pertanyaan yang belum kamu temukan jawabannya? Tulis di kolom komentar ya..

Cari jasa bangun rumah ataupun renovasi dari kontraktor jogja ? Telp/SMS/WA : 081 328 800 516
Terima kasih telah membaca 6 FAQ (Frequently Asked Questions) Terkait Membangun Rumah.

No comments:

Powered by Blogger.