Header Ads

Breaking News
recent

Isi Libur Panjang Dengan Renovasi Rumah Sendiri

Saat libur panjang, misalnya libur setelah lebaran atau tanggal merah berdekatan dengan weekend dan Anda hanya dirumah saja biasanya akan menyadari beberapa hal yang tak Anda sadari di hari sibuk kerja Anda misalnya terkait rumah yang perlu diperbaiki. Tak ingin menyewa jasa professional seperti jasa kontraktor jogja dan ingin mencoba melakukannya sendiri sembari mengisi waktu luang, kenapa tidak? Banyak juga hal yang bisa dilakukan sendiri dengan melihat panduan/tutorial dari internet, hanya butuh waktu dan ketekunan saja. 

Meski sangat ingin merenovasi rumah sendiri tanpa bantuan tukang, Anda juga harus tahu batasannya terkait apa hal yang bisa dilakukan sendiri dan apa yang harus dilakukan oleh ahlinya. Berikut ini beberapa renovasi yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mengisi waktu luang :

Mengecat Dinding | Gbr : Proyek Reka Persada

1. Cat dinding
Sepertinya semua orang bisa melakukan hal ini bahkan Anda bisa mengajak sekeluarga Anda melakukannya. Untuk mengecat dinding sendiri Anda hanya perlu cat, roller, kuas dan lakban kertas kalau perlu. Lakban kertas dipakai sebagai garis untuk menutup dinding saat akan dicat, bisa juga digunakan untuk menciptakan hasil cat dengan sedikit kreasi seni misalnya seperti dibawah ini :

Kreasi Cat Dinding Dengan Masking Tape | Gbr : pinterest

Jika dinding lama Anda menggunakan wallpaper, bersihkan dulu dindingnya dari kertas wallpaper dan lem yang menempel. Selain itu tutupi juga sekitar dinding yang tak ingin Anda cat misalnya di sekitar jendela, handle pintu, dekat atap dan sebagainya agar mendapatkan hasil pengecatan yang rapi dan terkadang persiapan seperti ini malah lebih membutuhkan waktu lama dibanding saat Anda mengecat nantinya. Mengecat dinding tak butuh waktu lama, untuk 1 kamar paling membutuhkan waktu setengah hari saja. Sisanya Anda masih bisa menikmati hari libur untuk kegiatan lain.

Menanam Rumput di Bagian Samping Rumah

2. Menanam/merapikan taman
Memperbaiki atau memperindah area yang mudah dilihat orang dapat meningkatkan nilai rumah Anda. Sekedar merapikan tatanan tanaman hijau dan memotong rumput yang sudah panjang di depan rumah juga dapat memperindah rumah Anda. Bila ada budget lebih, beli tanaman dan bebatuan, lalu ubah stylenya yang berbeda dari biasanya untuk mendapatkan tampilan taman depan yang fresh. Kegiatan seperti ini untuk taman yang kompleks mungkin tak selesai hanya 1 hari, oleh karena itu ambil saat waktu libur beberapa hari.

3. Gorden
Cara paling mudah dan cukup memberikan dampak besar pada estetika rumah Anda adalah menggunakan gorden. Cuci gorden lama atau beli yang baru sesuai jendela Anda.

Dapur

4. Mengganti dinding dapur
Jika Anda sudah cukup mahir dengan tiga poin diatas, kegiatan ini mungkin cocok bagi Anda. Mengganti dinding dapur bukan hal mudah, jadi cari dulu berbagai informasi di internet dan lihat di youtube bagaimana para professional melakukannya.

5. Bersih-bersih
Kegiatan yang tak memakan banyak budget namun bermanfaat bagi rumah Anda adalah bersih-bersih. Misalnya memangkas pohon agar lebih rapi, membersihkan saluran air depan rumah, menyapu halaman dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat memperindah rumah Anda tanpa mengeluarkan biaya banyak.

Artikel : domain.com.au  | Gbr : Proyek Reka Persada & pinterest

Ingin bangun rumah, gedung dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Arsitek Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com


No comments:

Powered by Blogger.