Header Ads

Breaking News
recent

Ternyata Memiliki Ruang Baca di Rumah Banyak Manfaatnya Lho!

Di era digital seperti sekarang ini, banyak orang lebih memilih membaca dengan e-book dari pada buku dalam bentuk cetak. Padahal membaca buku banyak manfaatnya. Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa membacakan buku kepada anak adalah salah satu sumber motivasi untuk anak dalam belajar membaca sendiri. Anak-anak yang membaca buku sendiri terbukti mendapatkan nilai lebih tinggi di sekolah. Bahkan salah satu jurnal penelitian mengungkapkan bahwa "Tumbuh dengan 500 buku dirumah akan mendorong anak-anak 3,2 tahun lebih cepat dalam hal pendidikan dibandingkan tumbuh di rumah yang sedikit atau bahkan tanpa buku.

Melihat hal ini, ternyata efek dari adanya buku cukup besar dalam tumbuh kembang anak karena jumlah buku di rumah adalah cerminan bagi budaya belajar sebuah keluarga. Setidaknya, dengan ada banyaknya buku dirumah berarti keluarga itu suka membaca yang artinya pula sekolah adalah tempat menyenangkan bagi mereka.

Spot Baca Simpel di Rumah | Gbr : pinterest

Untuk itu, bagi kalian orang tua yang ingin anaknya suka membaca, sebaiknya sediakan ruang baca atau spot baca khusus meskipun tak terlalu besar. Mengapa spot baca? Karena jika rumahmu tak terlalu besar, dan tak memungkinkan memiliki ruang khusus untuk buku-bukumu, manfaatkan saja spot-spot tertentu untuk ditaruh rak gantung bagi koleksi bukumu misalnya di bawah tangga, di belakang sofa dan sebagainya. Karena ternyata selain soal akademis yang lebih baik, memiliki spot baca khusus memiliki beberapa manfaat diantaranya :

Meningkatkan Kreativitas

Ruang baca tentu memiliki beberapa buku. Dari buku-buku itu tentu bisa menjadi sumber ide bagi kamu untuk mencari inspirasi. Terlebih dengan ruang baca yang terpisah, informasi dari buku yang kamu baca akan lebih mudah terserap dengan baik yang tentunya dapat membuka pikiran dan mungkin kreativitas kamu menjadi lebih baik.

Ruang Baca di Rumah | Gbr : pinterest

Mengurangi Stres

Saat sedang suntuk, coba kamu duduk di ruang baca atau spot baca yang kamu miliki. Bacalah selama 1 hingga 3 jam disana. Spot baca yang didesain dengan pas misalnya pemilihan warna cat, rak dan kursi yang menarik dan nyaman di mata, maka akan membantu kamu lebih relaks melepaskan penat selesai bekerja.

Sebagai Sarana Komunikasi

Ruang baca yang baik dapat kamu gunakan sebagai sarana komunikasi dengan cara mengajak anak-anakmu membaca bersama. Bila anak terlalu kecil dan belum lancar membaca, kamu juga bisa membacakan cerita kepada anak-anakmu. Biasanya mereka akan lebih mudah berkomunikasi dengan pendekatan seperti ini. Coba tanyakan inti sari dari buku yang telah kamu bacakan, lalu coba tanyakan kegiatan apa saja yang seharian tadi mereka lakukan, ajari mereka untuk belajar bercerita sehingga komunikasi antar anggota keluarga menjadi lebih terbuka antara satu dengan yang lain.

Cari jasa bangun rumah ataupun renovasi dari kontraktor jogja ? Telp/SMS/WA : 081 328 800 516

No comments:

Powered by Blogger.