Header Ads

Breaking News
recent

Bosan Interior Rumah Saat Ini? Yuk Buat Perubahan Kecil Yang Berdampak Besar

Terkadang meski bukan karena ikut-ikutan tren, interior juga perlu diubah. Dengan alasan style interior rumah terlalu jadul atau Anda sekedar ingin suasana baru di rumah, mengubah style interior rumah adalah salah satu cara yang paling efektif dan cepat untuk dilakukan. Namun, mengeluarkan biaya untuk melakukan perombakan total butuh dana yang tak sedikit meski.

Berikut ini kami berikan tips melakukan perubahan kecil yang dapat menimbulkan dampak yang cukup besar tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu banyak :

1. Tambahkan Dinding Aksen
Untuk mengubah tampilan dan suasana sebuah ruangan tanpa menghabiskan banyak biaya adalah dengan mengecat satu sisi dinding sebagai aksen. Dengan sedikit warna kontras pada satu sisi dinding dapat menarik perhatian dan juga dapat menghidupkan sebuah ruangan cukup sekedar biaya membeli cat saja.

Sisi mana sebaiknya yang dicat? Secara teknis, dinding mana saja bisa dipilih, namun sebaiknya pilih yang bisa menjadi highlight pada sebuah ruangan. Misalnya di ruang tamu, dinding yang bisa dipilih adalah yang di dekat perapian atau di rak dinding. Untuk di kamar tidur, aksen bisa diberikan pada dinding yang menempel di dekat sandaran kepala pada kasur (headboard).

Namun, apapun yang Anda pilih nilai estetika-lah yang menjadi utama. Jika warna terang banyak dipilih, sebenarnya warna gelap juga bagus digunakan seperti warna coklat gelap, hitam, hijau petang, dan sebagainya. Jika tak suka sekedar cat, Anda juga bisa memilih wallpaper, keramik dinding atau papan kayu untuk dinding.

2. Mengganti Aksesoris Ruangan
Bantal kursi dengan berbagai motif maupun bahan dapat menambahkan keseruan pada ruang tamu. Bisa juga dengan menambahkan aksesoris di ruang tamu dari aksesoris yang biasa diletakkan di kamar.

3. Mengganti Pencahayaan
Coba pasang lampu pada tiap sudut ruangan, jangan hanya menggunakan lampu di satu sisi saja. Gunakan lampu dinding dan lantai secara bersama-sama agar cahaya tidak terpusat pada satu tempat tetapi menyebar keseluruh ruangan.

Ada 4 jenis pencahyaan yang bisa Anda pilih :
a. Natural : segala jenis cahaya yang masuk ke rumah dari luar rumah melalui pintu atau jendela
b. Ambient : cahaya yang berfungsi menerangi seluruh sisi dalam satu ruangan, biasanya diletakkan di plafon (atas kepala)
c. Accent : cahaya yang berfungsi menimbulkan highlight pada satu sisi/spot ruangan
d. Task : cahaya yang memiliki tujuan tertentu misalnya lampu meja, lampu baca, dsb

Secara ideal, sebuah pencahayaan ruangan merupakan kombinasi dari beberapa diatas. Lihat, lampu jenis apa yang Anda punya, lalu tambahkan dari yang Anda tak miliki.

4. Pilih Style Tersendiri
Meja makan, meja tamu, rak buku coba tentukan sebuah style untuk mereka. Pindahkan meja atau rak dengan arah tertentu, ukuran dan warnanya.

Apapun style Anda, mungkin suatu saat nanti Anda ingin mengubah style Anda lagi dan ketika keinginan itu datang, Anda tak perlu menunggu hingga memiliki uang tabungan yang cukup untuk mengganti seisi ruangan. Bahkan dengan mengubah hal kecil saja dapat membuat perubahan besar pada ruangan rumah Anda.

Itulah beberapa perubahan kecil yang dapat membuat suasana rumah menjadi lebih fresh dan tampak berbeda tanpa biaya besar. Poin mana yang sudah Anda coba? Tuliskan di kolom komentar ya..

Artikel : freshome.com | Gambar : pinterest

Ingin bangun rumah, gedung dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Arsitek Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

No comments:

Powered by Blogger.