Header Ads

Breaking News
recent

5 Kesalahan Umum Investasi Properti Bagi Pemula

Ketika membeli untuk investasi properti, semua profesional setuju bahwa kunci untuk sukses melakukannya adalah informasi yang Anda dapatkan dan ini sebaiknya Anda lakukan dengan melakukannya sendiri.

Banyak para investor membeli properti dengan pertimbangan yang tidak tepat, misalnya seseorang teman yang membeli properti melalui agen properti resmi tanpa informasi yang jelas terhadap agen tersebut, akhirnya properti yang telah dibeli tak laku untuk dijual kembali.
3D Desain Rumah 2 Lantai

Bagi Anda yang sedang memulai mencoba investasi properti, hal terpenting yang harus dilakukan adalah melakukan double check terhadap apa yang Anda dengar dari orang lain. Berikut ini kami berikan beberapa informasi mengenai 5 kesalahan yang biasa dilakukan oleh investor pemula :

1. Struktur Keuangan Kurang Baik
Pertimbangan keuangan yang terlalu asal misalnya ketika akan investasi properti namun uang yang dipergunakan untuk investasi tersebut adalah hasil pinjaman bank, ini merupakan langkah yang seharusnya tak Anda lakukan.

2. Kurangnya Mencari Informasi
Sebaiknya, saat ingin membeli properti, ketahui secara detail apa yang Anda akan beli, kemudian lakukan penelitian sendiri terhadap properti tersebut diluar dari informasi agen yang menawari Anda. Misalnya tanyakan pada masyarakat sekitar atau pada dinas terkait.

3. Mengambil Keputusan Berdasarkan Emosi
Hindari menentukan keputusan untuk membeli properti berdasarkan emosi sesaat. Pikirkan dengan hati-hati dan realistis terhadap apa yang akan Anda beli. Misalnya Anda ditawari untuk membeli rumah sebagai homestay untuk Anda tinggali sekedar saat libur nanti. Jika Anda beli sekedar untuk pribadi Anda dan keluarga sih tak masalah, namun jika untuk dijual kembali, sebaiknya Anda pikir 2x karena lokasi homestay biasanya di tempat sepi dan perlu maintenance cukup. Kecuali jika lokasi rumah tersebut terletak di tempat yang strategis dan sesuai dengan budget Anda.

4. Membeli Terlalu Banyak
Sebagai pelaku investasi properti pemula, sebaiknya jangan terlalu percaya diri dengan sekaligus membeli banyak properti karena setinggi apapun keyakinan Anda, perlu diingat bahwa Anda sedang memulai, sebaiknya belajar-lah dulu dan fokus.

5. Kurangnya Strategi
Sebelum melakukan investasi properti, tentukan dulu perencanaan di awal. Misalnya Anda tertarik karena melihat akhir-akhir ini investasi properti memang sedang menjadi tren. Namun, sebaiknya jangan lakukan jika hanya sekedar ikut-ikut tren. Ketahui dulu seberapa kemampuan Anda memiliki properti yang tentunya butuh dana tak sedikit. Bandingkan dengan investasi model lain misalnya investasi emas bila Anda masih belum yakin akan mengeluarkan budget sekian banyak untuk penjualan kembali yang tak pasti.

Itulah 5 kesalahan yang biasa dilakukan oleh investor properti pemula! Barangkali Anda mau berbagi pengalaman pribadi? Tuliskan di kolom komentar ya..

Artikel : domain.com.au

Ingin bangun rumah, gedung dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Arsitek Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

No comments:

Powered by Blogger.