Header Ads

Breaking News
recent

Apa Yang Dilakukan Saat Rumah Tak Kunjung Laku Terjual?

Pemborong di Jogja - Jika pada artikel sebelumnya kami membahas mengenai apa yang harus diperhatikan saat akan membeli rumah lama ataupun rumah bekas, berikut ini kami akan memberikan informasi yang sebaliknya yaitu menjual rumah. Banyak alasan orang akan menjual rumah yang biasa ia huni, mulai dari alasan pindah ke luar kota, bosan suasana rumah lama, tak cocok dengan lingkungannya, sedang membutuhkan uang hasil penjualan rumah, dan sebagainya.

Namun rupanya menjual rumah tak semudah yang kita kira, Anda perlu bersabar dan bersedia menunggu beberapa minggu atau bulan untuk mendapatkan pembeli yang benar-benar cocok, kecuali Anda bersedia menjual rumah tersebut dengan harga yang sangat murah dan sangat jauh dengan harga pasaran di lingkungan tersebut.

Akan tetapi, bila rumah Anda tak juga terjual 1 bahkan hingga 2 tahun, berarti ada yang salah dengan cara Anda memasarkannya atau bahkan ada masalah dengan rumah Anda. Jika poin terakhir yang jadi alasannya, berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan :

1. Perbaiki rumah Anda
Mungkin ini hal yang terakhir ingin Anda dengar, tapi mungkin saja kan orang-orang tak mau membeli rumah Anda karena memang tak menyukainya?

2. Turunkan harga
Jika Anda benar-benar tak menginginkan rumah Anda lagi, dan sudah tak sabar karena terlalu lama menunggu namun tetap ingin menjualnya berapapun harganya, menurunkan harga rumah merupakan solusinya. Rumah yang lebih murah dibanding pasarannya biasanya akan cepat laku, dan pembelipun akan sedikit memaklumi bila terdapat kekurangan pada rumah Anda tersebut.

3. Sewakan rumah Anda
Bila kedua hal diatas tak juga mempan agar rumah Anda terjual padahal Anda sudah sangat ingin pindah dari sana, coba sewakan saja rumah Anda. Menyewakan rumah bisa jadi pilihan terakhir karena jika dipikir-pikir sekarang saja rumah Anda sulit dijual, bagaimana nanti setelah kontrak penyewa habis?

Yang perlu Anda ingat sebelum menyewakan rumah adalah perlakuan orang lain saat menggunakan rumah Anda, tentu beda perlakuan dibandingkan dengan Anda sendiri sebagai pemilik rumah, Anda tentu akan lebih menjaga rumah Anda ketika menghuninya. Jadi Anda perlu bersiap-siap secara emosional maupun finansial ketika masa penyewa sudah habis, misalnya rumah lebih kotor atau ada beberapa bagian yang rusak.

Rumah Dekat Bandara | Sumber Gambar : gobankingrates.com

4. Tunjukkan kekurangan
Kekurangan yang kami maksud disini adalah dari sisi lingkungannya. Anda tak perlu menutupi kekurangan rumah Anda tersebut, karena bisa saja alasan banyak orang yang survey dan tak jadi membeli rumah Anda disebabkan oleh hal itu.

Misalnya rumah Anda terletak di daerah yang cukup dekat dan dilintasi oleh jalur penerbangan pesawat. Coba saat mengiklankan rumah Anda, ungkapkan saja bahwa rumah tersebut cocok bagi pecinta pesawat terbang atau orang yang bekerja di sekitar itu. Sebagai tambahan, Anda dapat memberikan jendela kedap suara agar pemilik rumah hanya mendengar pesawat bila ia menginginkannya yaitu diluar rumah, tetapi tetap tenang saat didalam rumah.

Contoh lain adalah bila rumah Anda berada di desa dan disekitar masih banyak persawahan. Anda bisa menunjukkan bahwa rumah Anda cocok bagi yang tak suka kebisingan dan polusi udara tengah kota, cocok untuk pensiunan atau orang yang mencari kedamaian, kesegaran dan semacamnya.

Mengiklankan rumah dengan cara ini mungkin saja cukup beresiko, karena orang biasa tentu tak akan tertarik. Tetapi dengan beberapa hal yang telah Anda alami, dan tetap tak menghasilkan, tidak ada salahnya mencoba cara ini kan?

5. Menyewa pembantu
Bila waktu Anda tak sanggup menunggu rumah tersebut laku, padahal Anda harus pindah kerja di luar kota, coba sewa pembantu yang terpercaya untuk menjaga rumah Anda. Dengan ini, ketika calon pembeli ingin survey melihat rumah, Anda tak perlu bolak-balik menemani calon pembeli tersebut. Serahkan kepada pembantu rumah tangga, dan tetap berikan mereka tugas untuk membersihkan rumah. Anda hanya perlu datang saat pembayaran/serah terima dilakukan.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan saat rumah yang Anda jual tak kunjung laku juga! Barangkali Anda mau berbagi pengalaman menjual rumah? Tuliskan di kolom komentar ya..

Sumber Gbr : gobankingrates.com | Artikel : realestate.usnews.com

Ingin bangun rumah, gedung dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Arsitek Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

No comments:

Powered by Blogger.