Header Ads

Breaking News
recent

Tips Memaksimalkan Area Outdoor Rumah

Musim hujan artinya kamu tak perlu lagi sering-sering menyiram tanaman di halaman rumahmu. Namun, bagi kamu yang halamannya masih kosong, melihat cuaca di Jogja akhir-akhir ini yang panas namun sesekali hujan, sepertinya malah cocok untuk memaksimalkan area outdoor rumahmu ini. Mengapa? Saat musim hujan nanti tanaman biasanya dapat mudah tumbuh dengan subur oleh air hujan tersebut. Untuk mendapatkan halaman dengan taman yang baik, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan terlebih dahulu :

Perencanaan

Bayangkan tamanmu seolah-olah sebuah ruangan didalam rumah, apa yang akan kamu rencanakan? Tentu kamu akan membuatnya sefleksible dan senyaman mungkin, serta merancangnya agar sesuai dengan style dan waktumu. Cara termudah membuat flow dari area indoor ke outdoor menjadi seimbang adalah dengan menempatkan kursi, meja dan hal-hal yang menarik secara visual.

Dedaunan

Menanam tanaman bunga dengan warna yang mencolok sebagai pusat dari taman rumahmu memang akan menjadi pusat perhatian selama beberapa minggu atau bulan ketika bunganya mekar. Tetapi satu hal yang harus dipikirkan dengan hati-hati, ketika sedang tak berbunga, apakah akan tetap menarik dan indah dilihat?

Setiap tempat bagaimanapun bentuk dan ukurannya akan terlihat menarik bila menggunakan tanaman hijau yang selain memberikan kesejukan juga kesegaran dan banyak manfaat lainnya. Terlebih bagi tanaman hijau yang memiliki struktur yang cukup kuat, maka setelah menanam kamu tak perlu memikirkan akan diapakan lagi, contohnya pada pohon buah dan sebagainya. Selain itu, saat memutuskan tanaman apa yang akan kamu tanam, jangan takut untuk mencoba dan membuat kesalahan karena justru ini akan menjadi pelajaran dan pengalaman bagimu.
Tanaman Rambat Dalam Pot | Pinterest
Tanaman Rambat Pada Kawat | Pinterest

Tanaman Rambat

Di area halaman yang kecil, terkadang tak ada batasan seperti pagar dari rumah satu kerumah tetangga. Dengan adanya tanaman rambat, kamu bisa memanfaatkannya sebagai batasan ini. Cukup pasang tanaman rambat pada pot atau kawat seperti gambar diatas, lalu letakkan di batas antara rumahmu dengan rumah disampingmu sebagai pengganti dari pagar beton biasa. 

Terlihat Bagus Saat Hujan

Meskipun sekarang musim di Jogja masih terasa panas, namun mungkin tak akan lama lagi mengalami musim hujan dimana dedaunan hijau yang mengkilap karena basah oleh hujan terlihat sangat menarik. Inilah saatnya kalian tahu bagaimana kualitas paving halaman rumahmu. 

Tanaman Tomat Dalam Pot | Gbr : pinterest

Mengkonsumsi Apa Yang Kamu Tanam

Bahkan jika kamu tak memiliki halaman rumah dan hanya memiliki rumah jaman sekarang seperti apartemen ditengah kota dengan balkon saja, hal ini tetap bisa kamu manfaatkan untuk menanam tanaman. Pilih tanaman kecil seperti tanaman obat, sayuran hijau seperti selada, tanaman buah seperti tomat dan semacamnya. Terasa sehat dan menyenangkan bila dapat memetik dan mengkonsumsi tanaman yang ditanam dan dirawat sendiri.

Rumput Sintesis Dipasang Pada Balkon Rumah | Gbr : pinterest

Rumput Sintetis

Memang mungkin bagi kamu yang terbiasa dengan tanaman hijau seperti diatas, akan terasa aneh ketika memilih rumput sintesis. Namun, hal ini justru bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tinggal di rumah yang minim area outdoor namun ingin tetap mendapatkan nuansa hijau di tempat yang kamu pijak. 

Jika masih ada pertanyaan yang belum kamu temukan jawabannya ataupun masukan, tulis di kolom komentar ya..

Cari jasa bangun rumah ataupun renovasi dari kontraktor jogja ? Telp/SMS/WA : 081 328 800 516
Terima kasih telah membaca Tips Memaksimalkan Area Outdoor Rumah

No comments:

Powered by Blogger.