Header Ads

Breaking News
recent

Rumah Juga Perlu Perawatan! Apa Saja?

Perawatan rumah secara rutin sangatlah penting tidak hanya untuk memastikan rumah dalam keadaan baik-baik saja dan tak terdapat masalah terkait struktur dan apapun, tetapi juga untuk memastikan bahwa rumah nyaman untuk ditinggali dan dapat mengurangi resiko gangguan kesehatan yang mungkin muncul. Ada beberapa area rumah yang bisa kamu deteksi kerusakannya dan segera panggil ahlinya untuk memperbaikinya. Berikut ini beberapa hal yang harus diwaspadai :

Rayap
Cara terbaik terhindar dari rayap adalah menyerahkan pengecekan ke ahlinya secara berkala. Terutama bagi kamu yang rumahnya banyak memiliki material kayu misalnya menggunakan lantai kayu. Pastikan lantai tidak lembab agar terhindar dari munculnya rayap.

Memperbaiki Atap Bocor | Gbr : tribunnews
Kebocoran
Kamu pasti tahu bahwa akhir-akhir ini cuaca di Indonesia terkadang tidak stabil. Kadang panas, tiba-tiba hujan dan seterusnya. Hujan dengan angin pun sepertinya semakin sering terjadi di seluruh wilayah Indonesia dan kebocoran pada rumah terkadang tak mungkin terhindarkan. Masalah pada kebocoran ini, yang biasanya menjadi sulit diatasi adalah karena meski kita tahu bocornya dimana, belum tentu sumber utama penyebab kebocoran ini bisa kita ketahui. Jika atap rumahmu bocor, dan ada anggota keluargamu yang cukup jago akan hal ini, mungkin masalah kebocoran dapat segera diatasi. Namun, untuk kebocoran area lantai atau rembes di dinding, coba cek pemipaannya pada ahlinya.

Retak Pada Dinding | Gbr : Rooang
Retak
Retak rambut hingga retak berat bisa saja masalah kecil namun bisa pula sebaliknya yang lebih serius karena bisa banyak penyebabnya. Sumbernya bisa disebabkan oleh pergerakan tanah, kerusakan pondasi, kadar air tanah yang berubah menyebabkan pondasi rusak, atau bahkan karena dorongan akar pohon hingga drainase yang buruk. Coba tanyakan ke ahlinya sebelum diperbaiki.

Hal diatas tak bisa kamu lakukan sendiri karena terlalu riskan, namun Ada hal yang bisa kamu lakukan tanpa ahlinya seperti beberapa hal berikut :

Periksa Jendela

Periksa kebocoran udara disekitar jendela dan pintu agar udara dingin atau panas diluar rumah tak masuk ke sela-selanya. Kamu bisa memperbaikinya hanya dengan plester atau karet khusus yang dijual di toko bangunan.

Memasang kain kasa pada jendela adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan sendiri hal ini untuk mencegah nyamuk dan serangga datang ke rumah tetapi kamu masih tetap bisa mendapatkan cahaya dan angin dari luar rumah saat jendela kamu buka.

Cat Dinding Berkualitas

Jika dinding ternyata hanya mengalami retak rambut yang disebabkan oleh kualitas cat sebelumnya yang kurang baik, maka tindakan yang bisa kamu lakukan sendiri adalah mengecat dinding dengan cat berkualitas tinggi. Selain itu mengecat plafon yang terdapat sedikit jamur karena akibat atap bocor juga bisa kamu lakukan sendiri menggunakan alat roll panjang. Pastikan cat yang kamu gunakan aman bagi anak-anak, selain itu pastikan kebocoran atap sudah teratasi dengan baik. Itulah beberapa perawatan rumah yang harus kamu cek dan lakukan secara berkala.

Jika masih ada pertanyaan ataupun masukan, tulis di kolom komentar ya..

Cari jasa bangun rumah, kost, dan bangunan sejenis ataupun renovasi dari kontraktor jogja ? Telp/SMS/WA : 081 328 800 516. Terima kasih telah membaca Tips Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membeli Rumah

No comments:

Powered by Blogger.