Header Ads

Breaking News
recent

Cantiknya Tanaman Indoor Menghiasi Interior Rumah

Bukan lagi pot mini, melainkan pohon indoor kini semakin banyak dipergunakan di beberapa bulan terakhir ini. Tidak hanya bisa membuat sebuah ruang biasa menjadi indah, tetapi juga sekaligus untuk mempromosikan hidup lebih sehat serta memfilter udara didalam rumah menjadi lebih baik.

Berbagai peralatan rumah tangga dan hiasan rumah buatan pabrik sudah mendominasi interior akhir-akhir ini. Untuk itu, memasukkan tanaman hijau dalam rumah demi kesehatan sangatlah penting untuk dilakukan.

Dengan kemampuannya mengkoneksikan ruang indoor dan outdoor, tanaman indoor dengan batangnya yang menjalar dan daun seperti kipas dapat memberikan kesan style yang kuat dan segar.

Meletakkan pohon didalam rumah dapat mengurangi batas antara ruangan rumah dan area luar rumah, selain itu malah dapat memberikan titik fokus pada sebuah ruang dengan jelas. Saat menghias rumah dengan tanaman hijau, ukur pohon yang akan kamu pasang, pastikan ada ruang dan ketinggiannya memadahi untuk itu.

Sebagian besar pohon memerlukan cahaya terang dan berbagai persyaratan lainnya. Untuk itu pertimbangkan juga asal-usul pohon yang kamu pilih lalu coba tiru kondisi asalnya kedalam rumahmu. Selain itu kamu juga harus tahu betul seberapa tinggi pohon itu akan tumbuh sehingga tidak sampai langit-langit rumahmu.

Apakah akan memilih pohon yang masih muda atau sudah tua, hal itu terserah masing-masing. Jika kamu baru belajar tentang tanaman indoor, lebih baik memilih tanaman yang kecil karena lebih murah dan lebih minim resiko. Jika kamu sudah berpengalaman, memilih tanaman yang besar pun sah-sah saja.

Hati-hati, tidak semua jenis pohon bisa tumbuh sesuai keinginanmu. Pilih satu yang bisa tumbuh meninggi secara alami namun tetap bisa menarik perhatian dalam ruanganmu.

Memilih pot yang tepat juga penting saat kamu hendak membeli pohon. Pot yang kamu pilih harusnya dapat melengkapi style interiormu, namun tetap kokoh dan fleksibel jika ingin memindahkannya sewaktu-waktu. Dari segi style, daripada terus-terusan mengubah pot karena mengikuti style yang ada, lebih baik carilah pot yang netral dan berbentuk simpel dan klasik agar tetap hemat dan bisa digunakan dalam tren apapun. 

Berikut ini beberapa contoh pohon yang bisa dijadikan referensi untuk diletakkan didalam rumah :

Schefflera amate

Schefflera amate (umbrella tree)
Di Indonesia biasa disebut sebagai Tanaman Walisongo Daun Hijau. Tanaman ini memiliki daun yang tebal, hijau dan lebar. Perawatannya mudah dan dapat menetralisir asap rokok dan menyerap racun di udara. 

Ficus benjamina
   
Ficus benjamina (weeping fig)
Di Indonesia biasa disebut sebagai Beringin Putih. Tanaman ini memiliki akar tunggang dengan batang tegak, bulat, permukaan kasar yang berwarna coklat kehitaman. Daunnya berbentuk lonjong, ujung runcing dengan tangkai pendek. 

Ficus lyrata

Ficus lyrata (fiddle leaf fig)
Di Indonesia biasa disebut sebagai Ara Biola atau Biola Cantik, Pohon ini memiliki daun yang kaku dan lebar berbentuk biola namun tidak mudah rontok meski daunnya sudah tua dan berubah warna menjadi kuning.

Jika masih ada pertanyaan ataupun masukan, tulis di kolom komentar ya..

Cari jasa bangun rumah, kost, dan bangunan sejenis ataupun renovasi dari kontraktor jogja ? Telp/SMS/WA : 081 328 800 516. Terima kasih telah membaca Tips Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membeli Rumah

No comments:

Powered by Blogger.