Header Ads

Breaking News
recent

Perhatikan Hal Ini Bila Ingin Membeli Rumah

Saat sedang mencari satu rumah untuk dibeli, biasanya keputusan untuk membeli rumah tersebut atau tidak, feelingnya sudah terasa saat pertama kali memasuki rumah tersebut. Sementara itu, jika kamu melihat apakah rumah itu sudah memenuhi persyaratanmu atau tidak, biasanya hanya dicek dari sisi jumlah kamar tidur dan ketersediaan ruang selain itu saja. Untuk detail rumah itu sendiri kamu tentu tak akan tahu untuk pertama kali melihatnya. 

Salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan adalah berapa banyak perubahan yang harus kamu lakukan jika rumah itu kamu beli? Apakah siap huni, ataukah perlu sedikit pembersihan dan bahkan harus direnovasi?

Ilustrasi Rumah Dijual | Gbr : jble.af.mil


Agar kamu tak salah pilih rumah, sebaiknya kamu harus memperhatikan hal berikut sebelum melakukan DP dan memutuskan untuk membeli sebuah rumah :

Menemui Pemilik Rumah

Jangan hanya melihat rumah saja, datanglah dengan sudah mempersiapkan beberapa pertanyaan. Misalnya bertanya mengenai sudah berapa lama rumah tersebut dimiliki oleh penghuni sebelumnya? Rumah yang dibeli lalu dijual kembali dalam waktu singkat harus kamu waspadai. Kemungkinan rumah tersebut sudah mengalami perbaikan lantai dan bagian lain, namun sistem pemipaan masih menggunakan yang lama.

Pemilik rumah lama dapat memberikanmu informasi yang lebih detail mengenai perubahan rumah tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Jika hanya bertemu dengan penjual rumah (biasanya agen properti), informasi yang kamu dapatkan dari mereka tidak selengkap dari pemilik rumah aslinya. Saat bertemu dengan pemilik rumah sebaiknya kamu menanyakan tentang perbaikan yang pernah dilakukan, siapa yang memperbaiki dan masihkah ada garansinya.

Cek Kondisi Lantai

Salah satu cara mengetahui kondisi sistem pemipaan pada sebuah rumah berfungsi dengan baik atau tidak adalah dengan melihat lantainya. Jika lantai terlihat tak baik seperti mencembung, tidak rata atau telah dibuka didekat kamar mandi tandanya mungkin pipa dibawah sudah pernah diperbaiki. Lantai cembung juga bisa diartikan bahwa mungkin struktur rumah ada yang perlu diperbaiki. 

Dinding Retak | Gbr : geograph.org.uk


Dinding Retak

Jika kamu melihat ada retak di dinding, ini adalah tanda yang tak baik. Dinding retak artinya ada pergerakan, artinya ada masalah dengan struktur rumah.

Cat Baru

Warna atau cara mengecat yang kurang baik sebenarnya bukan masalah, yang perlu diperhatikan adalah jika rumah terlihat belum pernah direnovasi namun ada area dengan cat baru, mungkin saja ada yang ditutupi sebelum menjual rumah tersebut. Jika tak yakin mengapa dicat ulang, sebaiknya tanyakan mengapa.

Adakah Air di Basement

Jika musim hujan, tetapi basement terlihat kering, artinya kondisi basement masih bagus. Tetapi bila sebaliknya, kamu harus cari airnya datang dari mana.

Cek Jendela

Buka & tutup jendela, apakah bisa berfungsi dengan benar? Jika tidak, artinya suatu saat kamu harus menggantinya meski dengan kualitas yang tidak lebih baik, artinya kamu tetap harus mengeluarkan biaya tambahan untuk itu.

Cek Atap

Tanyakan kapan atap dipasang, pernahkah diganti? Rumah lama terkadang memiliki atap berlapis-lapis, kadang juga menggunakan asbes. Hal ini agak sulit ditemukan hanya dengan melihatnya, untuk itu jangan takut menanyakan hal ini pada yang bersangkutan.

Pohon di Halaman Rumah

Pohon sebaiknya juga perlu kamu cek, karena pohon di luar rumah bisa menguntungkan maupun merugikan. Mengapa? Meski menyejukkan, pohon yang besar dan tinggi namun sudah tua mempunyai resiko roboh bila diterpa badai/angin. Selain itu, pohon jenis tertentu juga memiliki akar yang cukup panjang hingga bisa merusak konstruksi rumah di dalam tanah.

Listrik & Pemipaan
      
Kedua hal diatas akan sulit dicari permasalahannya dengan hanya melihat saja. Tetapi setidaknya lihat bagaimana kerapian kabel listriknya. Adakah kabel yang terbuka? Apakah diinstal secara benar? Namun sebenarnya terkait dua hal diatas sebaiknya ditanyakan pada ahlinya.

Cek Perijinan

Pastikan rumah yang akan kamu beli, legalitas/perijinannya jelas dan tak bermasalah. Cek juga apakah tetangga rumah tersebut ada keluhan pada rumah tersebut. Karena mungkin saja permasalahan yang diketahui tetangga justru tak diketahui oleh pemilik rumahnya sendiri.

Tanyakan apakah pernah ada penambahan ruang dan semacamnya karena hal ini juga harus diperbarui pada IMB (Ijin Mendirikan Bangunan).

Tanyakan ke Arsitek

Banyak orang berkeinginan setelah membeli rumah, tentunya rumah harus direnovasi lagi karena akan disesuaikan dengan selera pemilik rumah baru. Jika kamu salah satunya, sebaiknya saat survey rumah, ajak arsitek atau orang yang lebih ahli untuk melihat manakah yang bisa direnovasi ulang mana yang tidak memungkinkan. 

Jika masih ada pertanyaan ataupun masukan, tulis di kolom komentar ya..

Cari jasa bangun rumah, kost, dan bangunan sejenis ataupun renovasi dari kontraktor jogja ? Telp/SMS/WA : 081 328 800 516. Terima kasih telah membaca Tips Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membeli Rumah

No comments:

Powered by Blogger.